Minggu, 26 Maret 2023

jurnal refleksi dwi mingguan Pendampingan individu ke 1

 

Kesuksesan para guru juga tidak lepas atas dukungan dan support yang penuh dari kepala sekolah buk DAISIMI, S.Pd, SD. SDN 003 Bukit Padi Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas,yang telah memberikan pembinaan dan arahan setiap waktu proses program pendidikan guru penggerak angkatan 6 tahun 2022 berjalan dengan lancar, sukses dan juga dukungan seluruh para guru-guru teman sejawat keluarga besar SDN 003 Bukit Padi yang luar biasa selalu membantu kolaborasi yang baik untuk sekolah. Terima kasih untuk semuanya.

 


FACTS (Peristiwa)

Pendampingan individu ke 1 dilaksankan pada tanggal 26 Oktober 2022 yang dilaksanakan di SDN 003 Bukit Padi Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan ini mengimplementasikan modul 1 mengenai filosofi pemikiran Ki hajar dewantara dan nilai peran guru penggerak , pada saat ini pengajar praktik bapak MUHARIYADI datang kesekolah saya untuk melakukan Pendampingan individu yang pertama dan melakukan wawancara kepada saya menanya tentang materi modul 1.1

1. Prinsip kepmimpinan sebagai seorang guru yaitu

  • Ing ngarso sung tuladho (maka orang tua atau guru sebagai suri tauladan anak dan siswa)
  • Ing madya mangun karso (yang ditengah memberikan semangat ataupun ide-ide yang mendukung)
  • Tut wuri handayani (yang dibelakangan memberikan motivasi

2. Sistem pendidikan yang dilakukan yaitu menggunakan sistem among atau Among Methode artinya guru itu menjaga, membina dan menididk anak  kasih sayang 

3.Tri pusat pendidikan yaitu yang mewarnai peserta didik adalah keluarga, sekolah dan masyarakat.

4. Asas asas dalam pendidkan ada 5 yaitu :

    - Asas Kemerdekaan

    - Asas Kodrat Alam

    - Asas Kebudayaan

    - Asas Kebangsaan

    - Asas Kemanusiaan

FEELINGS (Perasaan)

Perasaan saya selama mengikuti Pendampingan individu ke 1 saya merasa agak kaku, cemas sebab saya belum pernah melakukan presentasi di depan teman sejawat sebagai pembicara, saya sedikit grogi tapi disini pengajar praktik pak muhariyadi membantu saya untuk untuk menjalankan diskusi bersama dan tidak lepas dukungan penuh dan support dari kepala sekolah buk daisimi, S.Pd.SD. maka program pendapingan individu ini berjalan dengan lancar dan sukses dan juga kerjasama kolaborasi antara teman sejawat yang selalu sedia membantu kegiatan ini cgp angkatan 6 tahun 2022.

FINDINGS (Pembelajaran)

Pelajaran yang saya dapatkan dari proses mengikuti Pendampingan individu ke 1  di Modul 1.1 dan di saat PI 1 yaitu, kegiatan pembelajaran merupakan mendidik dan mengajar adalah proses memanusiakan manusia, sehingga harus memerdekakan manusia dan segala aspek kehidupan baik secara fisik, mental , jasmani dan rohani.Hal baru yang saya ketahui tentang diri saya, saya mampu melakukan perubahan, saya perlu mendapatkan dorongan ataupun paksaan agar tumbuh ide-ide dan gagasan baru. Saya mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab tepat waktu dengan penuh tanggung jawab meskipun hasilnya belum maksimal.

FUTURE (Penerapan)

Saya akan menerapkan ilmu yang saya dapat dan bisa berbagi di sekolah dan rekan sejawat. Terkhusus bagi murid- murid dan saling berkolaborasi melakukan perubahan menjadi lebih baik lagi untuk lingkungan sekolah saya dan saya akan terus belajar dan memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnyadan juga terus berusaha Menyampaikan manfaat dari pelaksanaan kebiasaan baik, mengajak siswa melaksanakan kegiatan secara konsisten dan berkelanjutan.

Tindakan yang saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini, saya akan mempersiapkan segala sesuatu lebih awal, tetap berusaha melakukan segala sesuatu dengan maksimal.

Salam Guru Penggerak !!!
Tergerak, Bergerak, Menggerakan !!!
Guru Bergerak Indonesia Maju !!!

Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Kep. Anambas Tahun 2022 SDN 003 Bukit Padi 

 Hak @cipta

by. Edwin Kurniadi, S.Pd., Gr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar