Rabu, 01 Maret 2023

Jurnal refleksi dwimingguan. modul 3.3

 


PERISTIWA (FACT)

Pada Modul 3.3 ini saya berkolaborasi dengan CGP lainnya belajar tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid.

 

PERASAAN (FEELING)

Saya merasa senang karena bisa melakukan pengelolaan program yang berdampak pada murid yaitu keterlibatan murid melalui Voice, Choice dan Ownership. Biasanya saya anggap apa yang saya lakukan demi murid ternyata sering kali tidak sesuai dengan harapan karena tidak ada keterlibatan murid di dalamnya.

 

PEMBELAJARAN (FINDING)

Pembelajaran yang diperoleh pada Modul 3.3 ini adalah sebagai berikut : 

  • Pada Ruang Kolaborasi ini saya bersama CGP lainnya membuat sebuah program atau kegiatan Pelajar Berwirausaha. Tujuan kegiatan ini adalah mempertajam jiwa wirausaha dan berwirausaha secara nyata.
  • Pada Demonstrasi Konstektual ini saya lebih memantabkan diri dalam membuat program yaitu Pelajar Berwirausaha yang Unggul di Abad 21. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik. 
  • Pada Koneksi Antar Materi ini saya dapat belajar bahwa ada keterkaitan antara materi satu dengan lainnya, saling menguatkan yang pada akhirnya menciptakan pembelajaran yang berpihak pada anak.
  • Pada aksi nyata ini saya mencoba membuat nyata program yang saya rencanakan dengan melibatkan komunitas sekolah terutamanya murid dengan voice, choice dan ownership dalam kegiatan.

PENERAPAN (FUTURE)

Pada masa mendatang saya akan menerapkan pengelolaan yang berdampak pada murid pada setiap kegiatan yang melibatkan murid dalam voice, choice dan ownership menggunakan Inkuiri Apresiatif BAGJA.

Salam Guru Penggerak,

Tergerak, Bergerak, Menggerakan

Guru Bergerak Indonesia Maju

Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Kep. Anambas Tahun 2022 SDN 003 Bukit Padi 

by. Edwin Kurniadi, S.Pd., Gr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar