PERISTIWA (FACT)
Pada Modul 3.3 ini saya berkolaborasi dengan CGP lainnya
belajar tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid.
PERASAAN (FEELING)
Saya merasa senang karena bisa melakukan pengelolaan
program yang berdampak pada murid yaitu keterlibatan murid melalui Voice,
Choice dan Ownership. Biasanya saya anggap apa yang saya lakukan demi murid
ternyata sering kali tidak sesuai dengan harapan karena tidak ada keterlibatan
murid di dalamnya.
PEMBELAJARAN (FINDING)
Pembelajaran yang diperoleh pada Modul 3.3 ini adalah
sebagai berikut :
- Pada
Ruang Kolaborasi ini saya bersama CGP lainnya membuat sebuah program atau
kegiatan Pelajar Berwirausaha. Tujuan kegiatan ini adalah
mempertajam jiwa wirausaha dan berwirausaha secara nyata.
- Pada
Demonstrasi Konstektual ini saya lebih memantabkan diri dalam membuat
program yaitu Pelajar Berwirausaha yang Unggul di Abad 21. Semoga
kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik.
- Pada
Koneksi Antar Materi ini saya dapat belajar bahwa ada keterkaitan antara
materi satu dengan lainnya, saling menguatkan yang pada akhirnya
menciptakan pembelajaran yang berpihak pada anak.
- Pada
aksi nyata ini saya mencoba membuat nyata program yang saya rencanakan
dengan melibatkan komunitas sekolah terutamanya murid dengan voice, choice
dan ownership dalam kegiatan.
PENERAPAN (FUTURE)
Pada masa mendatang saya akan menerapkan pengelolaan yang
berdampak pada murid pada setiap kegiatan yang melibatkan murid dalam voice,
choice dan ownership menggunakan Inkuiri Apresiatif BAGJA.
Tergerak, Bergerak, Menggerakan
Guru Bergerak Indonesia Maju
Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Kep. Anambas Tahun 2022 SDN 003 Bukit Padi
by. Edwin Kurniadi, S.Pd., Gr.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar