Minggu, 12 Maret 2023

3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3


Dasar Komponen Frofil Pelajar
Filosofi Pancasila yang Dikembangkan

KHD 1.Beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid Maksud pengajaran dan akan mendorong murid mengembangkan pendidikan yang berguna berbagai sikap-sikap positif yang merupakan untuk perikehidupan pengejawantahan dari iman, ketakwaan dan bersama adalah akhiak mulia. memerdekakan manusia sebagai anggota 2.Berkebinekaan Global. persatuan (rakyat). Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid akan melatih murid-murid kita untuk memiliki Karakteristik pemikiran dan wawasan yang luas dan Lingkungan terbuka. yang Akan Dikembangkan 3.Mandiri. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid mendorong murid untuk Lingkungan yang mengambil kontrol dan bertanggung jawab membuka wawasan pada proses pembelajarannya sendiri. murid agar dapat menentukan dan 4.Bernalar Kritis. Menumbuhkembangkan menindaklanjuti tujuan, kepemimpinan murid akan mendorong murid harapan atau mimpi untuk memiliki kemampuan bernalar kritis yang manfaat dan karena mereka akan belajar untuk membuat kebaikannya melampaui pilihan-pilihan dan membuat keputusan- pemenuhan kepentingan keputusan yang bertanggung jawab. individu, kelompok, maupun golongan. 5.Kreatif. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terekspos pada pengalaman belajar otentik yang menuntut mereka untuk mampu melihat permasalahan dan secara kreatif berusaha mencari solusi atas permasalahan tersebut.

EdwinKurniadi

SDN 003 Bukit Padi



Outbound Training adalah program pembelajaran segala ilmu terapan yang dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan kreatif yang efektif,yang berpihak pada murid dengan penggabungan antara intelegensia,mental, dan spiritual

Leadership Games adalah suatu simulasi permainan yang dirancang untuk memberikan pelajaran bagaimana seorang individu sebagai pemimpin dalam mempengaruhi dan mengarahkan serta memotivasi orang untuk mencapai tujuan.

Misi Kegiatan :

· Merencanakan pencapaian tujuan

· Membagi Tugas & Koordinasi

· Mampu memotivasi orang

· Disipilin

· Positive Thinker

· Pribadi yang Unggul

· Meningkatkan semangat untuk berhasil

· Membangun mental juara

· Berusaha bekerja kreatif


Personal Development adalahsuatu kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan individu dalam berkomunikasi,self& time management, dan mengembangkan mental positive sehingga diharapkankapabilitas individu tersebut berkembangprogram inidiharapkan untuk bisa menumbuhkan semangat dan vitamin dalam mencapai prestasi kerja yang sudah barang tentu akan berkontribusi bagi kemajuan individu peserta dan kemajuan perusahaan

Spiritual Outbound  adalah suatu konsep pelatihanmanagement di alam terbuka yang dipadukan dengan unsur –unsur rohani sehinggadiharapkan peserta akan mendapatkan selain ilmu tentang pentingnya kerjasama antar individu (social) juga pentingnya hubungan dengan Yang Maha Kuasasehingga peserta akan mendapatkan pencerahan.

B BAGJA

BUAT PERTANYAAN Inkuiri Apresiatif

A BUAT PERTANYAAN

Bagaimana cara menumbuhkan semangat

AMBIL PELAJARAN permainan Outbound ilmu terapan yang dilakukan di alam terbuka.

G AMBIL PELAJARAN

GALI MIMPI 1. Dengan adanya Outbound

sekolah murid menjadi tertarik untuk J berkolaborasi antara sesama teman sekolah untuk saling

bertukar ide dan kerjasama.

JABARKAN RENCANA 2.Sekolah

memulai kegiatan Outbound  di lingkungan sekolah dengan mewajibkan setiap A murid harus bersikap displin dan sportifitas kerjasama team kegitana ini dilaksanakan setiap minggunya.

ATUR EKSEKUSI 3.Sekolah memberikan reward kepada murid yang bagi kelompok yang memenangi setiap permaianan outbound

GALI MIMPI MURID

Menyuarakan aspirasi dan kreativitas. Membuka cakrawala. Berkesempatan untuk menggali sumber- sumber belajar sesuai minatdan bakat yang dimiliki setiap masing;masing murid.

GURU

Menjadikan permainan Outbound sebagai minat dan bakat yang menyenangkan dan nyaman Menjadi lebih kreatif dan berinovasi dalam menyampaikan pembelajaran Memberikan contoh teladan Secara terus menerus menunjukkan kepada murid bagaimana mereka dapat menjadi pembelajar yang lebih baik dari hari ke hari.

B BAGJA

BUAT PERTANYAAN Inkuiri Apresiatif

A GALI MIMPI

AMBIL PELAJARAN KEPALA SEKOLAH

G Mendorong dan memantau program Memfasilitasi program

GALI MIMPI Pengambilan keputusan: harus memiliki sikap yang bertanggung jawab, terbuka

J dan memberikan kepercayaan kepada guru dan murid.

JABARKAN RENCANA

ORANG TUA Mendukung program dan turut serta

ATUR EKSEKUSI menyukseskan program dengan meningkat  minat dan bakat yang ada sesuai dengan kemampuan murid tersebut.

JABARKAN RENCANA

permainan Outbound. Menyediakan bentuk-bentuk permaian yang menyengkan yang Bervariasi Mensosialisasikan kegiatan yang baik untuk dilaksanakan kegitana program sekolah ini minimal satu kali dalam sepekan dilaksnakan setiap hari sabtu. Yang bisa memenangi permainan Outbound ini akan mendapat reward. Guru memberikan tauladan kepada murid. Guru melakukan pengawasan terhadap program.

ATUR EKSEKUSI

Penanggung Jawab                         : Kepala Sekolah

Pengarah dan Pembimbing          : Seluruh Guru

Monitor dan Evaluasi                     : Seluruh Guru

Pelaksana                                        : Murid

Evaluasi dilakukan melalui rapat koordinasi dengan dewan guru.

Strategi Membangun Budaya kerjasama antara murid

dan kraetifitas minat dan bakat murid.

Tujuan dari program menumbuhkan Mengkondisikan semangatpermainan ini melalui gerakan program pembelajaran segala ilmu terapan yang dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan kreatif yang efektif,yang berpihak pada murid dengan penggabungan antara intelegensia,mental, dan spiritualmenyasar ekosistem sekolah SDN 003 bukit padi.

Monitoring, Evaluasi, dan RefleksiMONITORING

Apakah kegiatan permainan Outbound sudahberjalan dengan baik? Hal ini untuk memastikan bahwa kegiatan Outbound sudah berjalan dengan baik,

maka guru harus memastikan bahwa murid yang  memiliki minat dan bakat bisa tersalurkan  sudah lebih banyak dibanding yang belum.

EVALUASI DAN REFLEKSI

Sejauh mana program literasi telah berjalan dan apahambatannya?

Hal ini untuk mengetahui apakah tujuan programsudah tercapai/belum. Apakah dengan tersedianya minat dan bakat murid tersebut melalui program permaian Outbound sudah dapat meningkatkan minat dan wawasan murid? Hal ini dapat digali dengan cara melihat sejauh mana keterlibatan murid dalam pembelajaran di kelas.

S And Learning

1 Strategi Pengolahan Data (S)

Apakah program ini menumbuhkan Mengkondisikan semangat permainan ini melalui gerakan

program pembelajaran segala ilmu terapan yang dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan kreatif yang efektif,yang berpihak pada murid dengan penggabungan antara intelegensia,mental.

1 Pembelajaran Program (L)

Ternyata murid akan lebih tertarik untuk permainan outbound yang menyenagkan dengan kelompok masing-masing di lingkungan sekolah yang asri dan masih alami jika ada rewards yang diberikan kepada murid yang secara teratur dengan membuatkan dan menciptkan bentuk permaian yang baru

Deskripsi Pelaksanaan Program

WAKTU

Program ini akan dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023 Pada bulan maret 2023.

Konsultasi dengan Kolaborasi Menuntun murid dengan rekan

1 kepala sekolah saat selaku

2 sejawat dalam

3 implementasi penanggungjawab implementasi program program di sekolah.


Salam Guru Penggerak,

Tergerak, Bergerak, Menggerakan

Guru Bergerak Indonesia Maju

Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Kep. Anambas Tahun 2022 SDN 003 Bukit Padi 

by. Edwin Kurniadi, S.Pd., Gr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar