FACTS (Peristiwa)
lokakarya Orientasi pada tanggal 29 Oktober 2022 yang dilaksanakan
di SMPN 1 Siantan Tarempa. Lokakarya Orientasi merupakan sarana calon guru
penggerak untuk bertemu dengan masing-masing pengajar praktik dan teman CGP
lainnya. Dalam menjalani Program GP ini saya dibimbing oleh Pengajar Praktik
bapak MUHARIYADI, dan Fasilitator ibu INDRAWATI KUSUMAWARDHANI. Dalam kegiatan Lokakarya
Orientasi kami CGP memperoleh beberapa materi, yaitu kesepakatan kelas, harapan
dan kekhawatiran, pengantar program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) dan
perjalanan CGP, posisi diri, rencana pengembangan kompetensi diri, pengenalan
portofolio digital, serta refleksi peserta CGP. Selama kegiatan Lokakarya
Orientasi saya mengerjakan 4 Lembar Kerja, yaitu Lembar Kerja Kesepakatan CGP
dengan Kepala Sekolah, Lembar Asesmen Mandiri, Lembar Evaluasi Diri dan, Lembar
Kerja Rencana Pengembangan Potensi Diri. Kegiatan Lokakarya Orientasi
memberikan saya banyak pengalaman dan semangat baru, yang mulanya saya merasa
bimbang mengikuti program GP menjadi semangat dan yakin untuk bisa
menyelesaikan program ini.
Selanjutnya kegiatan CGP yaitu mengerjakan LMS yang bisa
diakses secara mandiri. saya mengerjakan materi Mulai dari Diri dan eksplorasi
Konsep, dilanjutkan hari berikutnya melakukuan eksplorasi materi, dalam forum
diskusi, yaitu diskusi dalam kelompok kecil dan kelompok besar yang dipandu
oleh ibu indarawati, bersama ibu fasilitator dan Pengajar Praktik kami
melaksanakan google meet untuk mempresentasikan hasil menemukenali nilai-nilai
luhur kearifan budaya, dan memberikan umpan balik oleh masing- masing kelompok.
Pada kesempatan ini, kami saling mengkritisi, mengajukan pertanyaan-pertanyaan,
ide-ide dan saling memberikan pendapat sehingga melalui diskusi ini saya banyak
mendapatkan pengetahuan dan ilmu baru.
Hari berikutnya, saya menyelesaikan tugas-tugas yang ada di
LMS, mulai dari tugas Demonstrasi Kontekstual, elaborasi pemahaman/koneksi
antar materi, yang saya tuangkan dalam bentuk video sederhana yang saya unggah
pada akun youtube. Selain itu saya juga mempersiapkan untuk menyelesaikan tugas
Aksi Nyata yang akan saya terapkan di sekolah.
Banyak pengalaman yang saya peroleh ketika mengikuti pembelajaran
pada modul 1.1, diantaranya:
Mendapatkan banyak teman sesama pengajar dari berbagai
jenjang pendidikan TK SD SMP SMA SMK se Kabupaten Kepulauan Anambas.
Bertemu dengan Secara Langsung fasilitator dan juga instruktur yang memberikan banyak ilmu kepada saya Belajar berkolaborasi dan berdiskusi secara tatap Maya dan pada kelompok kecil maupun kelompok besar
Selama mengikuti modul 1 saya juga berupaya untuk bisa
membagi waktu antara jam kerja di sekolah dan mengerjakan LMS dan juga waktu
bersama keluarga
Memahami refleksi filosofi pendidikan nasional Ki Hajar
Dewantara. Guru merupakan bagian dari pendidikan, sehingga dalam menerapkan
pembelajaran guru harus mampu menuntun siswa untuk mencapai keselamatan dan
kebahagiaan sebagai manusia dan masyarakat. Guru harus menerapkan pembelajaran
yang merdeka menyenangkan, bermakna, dan berpihak pada anak. Siswa bukanlah
Tabula rasa ataupun kertas kosong melainkan kertas samar yang tulisannya perlu
dipertebal, dalam hal ini guru berperan menebalkan garis-garis samar baik,
menjadi sebuah karakter, harapannya anak didik akan memiliki budi pekerti yang
baik. Seorang guru sama halnya dengan petani, yaitu menanam, merawat, memupuk,
dan membasmi hama hingga padi bisa tumbuh dan bisa dipanen, tapi tidak mampu
mengubah padi menjadi jagung. Sejatinya setiap anak memiliki kodrat alam yang
berbeda-beda. Guru hanya mampu menjadi teladan bagi siswa, membangkitkan
semangat siswa, dan mendorong siswa untuk berubah ke arah yang lebih baik
sesuai dengan kodrat alamnya, dengan memanfaatkan kemajuan zaman sekarang.
Selanjutnya sesuai dengan pengalaman pada modul 1.1 saya
mencoba menerapkan aksi nyata di sekolah. Kegiatan penerapan aksi nyata saya
mulai dari hal-hal kecil yaitu melakukan pembiasaan mulai dari 3S, penerapan
piket kelas pergantian, Sholat Duha Berjamaah, berdoa sebelum dan sesudah
pembelajaran, menyanyikan lagu nasional di awal pembelajaran, menerapkan
pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan model pembelajaran PBL. Dalam
penerapan praktik baik ini saya mendapat dukungan dari rekan sejawat satu
sekolah, mulai dari kepala sekolah guru kelas lainnya dan guru mata pelajaran
PAI dan PJOK.
Selama penerapan aksi nyata banyak hal-hal baik yang saya
temukan, anak-anak sangat antusias untuk melaksanakan praktik baik yang telah
saya berikan. Dalam pembelajaran anak-anak juga terlihat aktif saat diskusi,
terlihat senang ketika mengakses materi melalui laptop dan mengerjakan kuis
yang saya sediakan. Sesama rekan kerja juga mendukung dan juga menunjukkan rasa
antusias untuk belajar menyediakan evaluasi melalui Google form.
Selama melaksanakan Aksi Nyata ada sedikit hambatan yang
saya rasakan, hal ini karena program yang saya berikan kepada anak-anak
merupakan hal baru jadi anak-anak belum terbiasa ketika mengikuti shalat dhuha,
sehingga ada beberapa siswa yang masih enggan untuk menjalankannya. Ketika
diskusi karena anak belum terbiasa masih ada beberapa siswa yang kurang percaya
diri saat menyampaikan pendapat. Ketika pembelajaran memanfaatkan laptop
jaringan internet di sekolah kurang stabil.
Untuk mengatasi kendala pertama maka saya selalu buruk
berusaha konsisten untuk memberikan contoh dan teladan kepada siswa. Untuk
kendala yang kedua saya berusaha memberikan motivasi dan membangun kepercayaan
diri mereka dengan memberikan mereka kesempatan lebih banyak untuk berpendapat
dan menampilkan hasil karyanya. Untuk kendala nomor 3 saya menyiapkan paket
data melalui HP.
FEELINGS (Perasaan)
Perasaan saya selama mengikuti pembelajaran di modul 1.1 dan Lokakarya 1 awalnya saya merasa ragu bingung dan takut, hal ini karena saya merasa kurang percaya diri. Jujur saya merasa takut jika tidak mampu menyelesaikan tugas-tugas yang ada pada modul 1.1 dengan maksimal. Namun seiring berjalannya waktu banyak manfaat yang saya peroleh sehingga perasaan saya menjadi lebih tenang, lebih siap dan mantap untuk mengikuti pendidikan calon guru penggerak angkatan Ketika menerapkan aksi nyata di sekolah saya merasa bahagia, senang, dan terharu karena anak didik sangat antusias mengikuti program-program yang saya rencanakan. Saat pembelajaran di dalam kelas anak-anak menunjukkan antusias yang cukup baik, aktif dalam pembelajaran, dan terlihat menikmati pembelajaran yang saya sampaikan.
FINDINGS (Pembelajaran)
Pelajaran yang saya dapatkan dari proses mengikuti kegiatan
di Modul 1.1 dan di saat Lokakarya 1 yaitu, kegiatan pembelajaran merupakan
upaya sadar seorang guru untuk memberikan contoh kepada siswa memberikan
semangat motivasi dan selalu mendukung setiap tindakan serta perilaku siswa
yang mengarah kepada budaya positif. Tujuan pelaksanaan pembelajaran yang
dilakukan guru adalah untuk membentuk pribadi siswa yang merdeka, selamat, dan
bahagia baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial.
Hal baru yang saya ketahui tentang diri saya, saya mampu
melakukan perubahan, saya perlu mendapatkan dorongan ataupun paksaan agar
tumbuh ide-ide dan gagasan baru. Saya mampu menyelesaikan tugas dan tanggung
jawab tepat waktu dengan penuh tanggung jawab meskipun hasilnya belum maksimal.
FUTURE (Penerapan)
Yang saya lakukan hal serupa di masa depan, saya akan lebih
bersemangat dalam semua kegiatan, berusaha untuk bisa membagi waktu saya,
antara waktu kerja, waktu di rumah dan waktu mengikuti kegiatan lainnya. Untuk
kegiatan aksi nyata hal yang akan saya lakukan yaitu, menyiapkan media,
menyusun materi, yang lebih baik menarik dan saya sesuaikan dengan
karakteristik murid saya, menyediakan jaringan internet sehingga memudahkan
anak mengakses kuis online yang saya siapkan. Menyampaikan manfaat dari
pelaksanaan kebiasaan baik, mengajak siswa melaksanakan kegiatan secara
konsisten dan berkelanjutan.
Tindakan yang saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini, saya akan mempersiapkan segala sesuatu lebih awal, tetap berusaha melakukan segala sesuatu dengan maksimal, berusaha lebih disiplin dalam menyelesaikan setiap tugas dan tagihan.
Salam Guru Penggerak !!!
Tergerak, Bergerak, Menggerakan !!!
Guru Bergerak Indonesia Maju !!!
Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Kep. Anambas Tahun 2022 SDN 003 Bukit Padi
Hak @cipta
by. Edwin Kurniadi, S.Pd., Gr.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar