Minggu, 12 Februari 2023

3.1.a.9. Aksi Nyata - Modul 3.1

 



FactS (Peristiwa) Deskripsi singkat untuk Aksi Nyata yang sudah dilakukan

Latar belakang Ibu Nani guru kelas 4 di SDN 003 Bukit PAdi Kec. Jemaja Timur Kab. Kep Anambas Pada suatu pagi, Ibu Nani mengajar dan memulai aktivitas pembelajaran. fahri adalah seorang ketua kelas. Ketika pembelajaran berlangsung selama 1 jam, tiba-tiba teman-temannya bercanda di kelas dan berisik sehingga mengganggu teman-teman lainnya yang sedang menyelesaikan tugas, Fahri langsung membentak dan memarahi mereka. Hal ini membuat teman-teman yang lain menjadi takut dan tidak senang kepada Fahri, padahal Fahri hanya melaksanakan tugasnya sebagai ketua kelas. Sedangkan disisi lain Fahri sudah melakukan nilai kebajikan dengan bertanggung jawab terhadap tugasnya yaitu sebagai ketua kelas. Apa yang harus dilakukan Ibu nani dalam pengambilan keputusan ini?

Tujuan tolak ukur Mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran dalam membantu memutuskan masalah yang dialami murid. Dihasilkan keputusan yang cermat dan tidak merugikan pihak manapun. Keputusan mesti berpihak pada murid selaku warga sekolah

LINIMASA Individu lawan kelompok (individual vs community) PARADIGMA PRINSIP 9 LANGKAH Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking) dan Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking) Keputusan yang diambil haruslah tepat dan bijaksana dan berpihak pada murid selaku seorang pemimpin dalam pembelajaran

FEELINGS (PERASAAN) Saya merasa senang dan termotivasi dari pembelajaran modul ini. Semoga dari pembelajaran modul ini dapat mendorong saya dalam mengambil keputusan yang bijak selaku pemimpin pembelajaran.

FINDINGS (PEMBELAJARAN) Saya merasa senang telah berhasil melaksanakan langkah-langkah pengambilan keputusan bersama dengan murid untuk mengatasi permasalahan dilema etika yang terjadi di kelas saya. Saya juga sangat bersemangat melihat respon murid antusias untuk melaksanakan kesepakatan yang dibuat sesuai dengan keyakinan kelas.

9 langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusan 1. Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan Nilai-nilai yang saling bertentangan yaitu nilai tanggung jawab dan nilai kesabaran 2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini Yang terlibat dalam situasi ini yaitu guru dan murid.

9 langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusan 3. Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini Fahri atau ketua kelas bertanggung jawab atas tugasnya Teman-teman Fahri bercanda di kelas dan berisik sehingga mengganggu teman-teman lainnya yang sedang menyelesaikan tugas Fahri langsung membentak dan memarahi mereka Hal ini membuat teman-teman yang lain menjadi takut dan tidak senang kepada Fahri

9 langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusan Uji Legal Kasus ini tidak ada aspek pelanggaran hukum 4. Pengujian Benar atau Salah Uji Regulasi Kasus ini tidak ada pelanggaran peraturan atau kode etik di dalamnya

9 langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusan Saya akan tetap merasa nyaman karena Fahri sudah menunjukkan tanggung jawab terhadap tugas yang diembannya, serta sudah terbentuknya kepemimpinan murid Uji Publikasi 4. Pengujian Benar atau Salah Uji Intuisi Ada yang salah dalam situasi ini seharusnya Fahri dapat memberi nasihat atau teguran halus tanpa membentak atau memarahi temannya.

9 langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusan 5. Pengujian Paradigma Benar lawan Benar Paradigma yang terjadi pada situasi ini adalah Individu lawan kelompok (individual vs community).

9 langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusan Memberikan nasehat agar lebih sabar dan memberikan apresiasi apa yang telah firman lakukan sera mengingatkan kepada seluruh murid tentang keyakinan kelas yang sudah disepakati bersama. 6. Melakukan Prinsip Resolusi 7. Investigasi Opsi Trilema Prinsip yang digunakan adalah Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking) dan Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking) .

 9 langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusan 8. Buat Keputusan Dengan menasehati Fahri agar tidak membentak atau memarahi temannya ketika temannya berisik di saat pembelajaran tetapi dapat dengan menegur secara halus, mencatat di buku laporan atau mengurangi point temannya. Sekaligus memberikan apresiasi kepada Fahri atas tanggung jawab yang sudah dilaksanakan dengan baik.

9 langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusan 9. Lihat lagi Keputusan dan Refleksikan Sampai saat ini Fahri selalu bertanggung jawab terhadap tugas yang diembannya dan mulai sabar dan tenang dalam menghadapi masalah yang ada di kelas.

FUTURES (PENERAPAN) Proses pengambilan keputusan yang telah saya lakukan di sekolah mungkin belum sempurna. Untuk kedepan jika menemui kasus dilema etika lagi, saya beserta pihak sekolah akan terus menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan dengan lebih baik lagi sehingga mampu menganalisa setiap kasus dilema etika yeng terjadi di sekolah untuk menghasilkan keputusan yang lebih bijak serta berpihak kepada murid.

Salam Edwin kurniadi guru penggerak Angkatan 6 sdn 003 bukit padi kecamatan jemaja timur kabupaten kepulauan anambas prov. Kepulauan riau. tahun 2022

Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Kep. Anambas Tahun 2022 SDN 003 Bukit Padi 

by. Edwin Kurniadi, S.Pd., Gr.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar