Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke -21,yang dimulai
pada hari selasa,17 februari 2023 sampai dengan hari sabtu, 24 februari
2023 yaitu modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, saya
merefleksikan hasil dari kegiatan yang saya ikuti di LMS ini dalam bentuk
jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai media untuk
mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang
telah saya dilakukan. Model refleksi yang saya gunakan pada minggu ke-20 ini
adalah model 5 : Connection, challenge, concept, change (4C). Model ini
dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison (2011).
1.
Connection
Banyak hal/peristiwa yang
terjadi pada minggu ini sehingga banyak hal dan ilmu baru yang saya
dapatkan yaitu pada sesi Ruang Kolaborasi modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan
Sumber Daya sesi persentasi dilaksanakan pada hari Jumat, 17 februari 2023, Refleksi
terbimbing pada hari Minggu, 19 Mei 2023, pada hari Selasa dan kamis,21 dan 22 Februari
2023 Demonstrasi Kontekstual, pada hari Miunggu, 19 Februari menulis Jurnal
refleksi mingguan modul 3.2
Sebagai tindak lanjut dari ruang kolaborasi pertama membuat pemetaan aset Daerah, berdasarkan 7 kelompok aset yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Tulunggaung meliputi ; 1). Modal Manusia, 2). Modal Sosial, 3). Modal Fisik, 4). Modal Finansial, 5). Modal Alam/Lingkungan, 6 Modal Politik dan 7) Modal Agama/ Budaya. Dalam kelompok kami oleh Fasilitator ibuk INDRAWATI KUSUMAWARDHANI, ruang kolaborasi pertama kami berdiskusi dalam BOR Google Meet yang disediakan Fasilitator kami melakukan pemetaan aset daerah yang bisa dimanfaat sekolah untuk kepentingan pembelajaran yang berpihak pada murid. Kemudian hari Senin, 20 Februari 2023 kami mempresentasikan hasil diskusi kelompok politik kami berbagi peran untuk mempresentasikan ke 7 aspek yang sudah didiskusikan kemudian menjawab merespon pertanyaan/ masukan dari kelompok lain.
Kaitan antar materi, Jika
materi dihubungkan dengan materi dua modul sebelumnya coaching dan pengambilan
keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip serta 9 langkah sebagai pemimpin
pembelajaran kaitan materi yang didapat sebagai calon guru penggerak sangat
berkaitan erat dengan proses coaching, coach memaksimalkan potensi coachee
untuk menjelaskan masalahnya dan mengambil keputusan yang bertanggung jawab.
2. Challenge
Tentu saja banyak ide serta
materi yang saya dapatkan dalam mempelajari modul 3.2 ini yaitu salah satunya
mengetahui strategi pemberdayaan aset, yaitu berpikir berbasis aset dan bukan
berpikir berbasis masalah.
Sehingga memahami aset yang
dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang dapat di manfaatkan untuk
media pembelajaran di sekolah khususnya di wilayah Kabupaten Tulungagung, dan
memanfaatkan aset yang dimiliki sekolah untuk keperluan proses pembelajaran
yang berpihak pada murid dan kegiatan maupun program sekolah.
3. Concept
Konsep yang sangat penting/
utama adalah melakukan pemetaan aset sekolah berdasarkan 7 modal aset yang
meliputi ; 1). Modal Manusia, 2). Modal Sosial, 3). Modal Fisik, 4). Modal
Finansial, 5). Modal Alam/Lingkungan, 6 Modal Politik dan 7) Modal Agama/
Budaya. Dari kegiatan pemetaan ini kita dapat mengetahui dan memaksimalkan
penggunaan aset sekolah. Juga terus mengembangkan komunitas sekolah berbasis
aset menekankan pada kemandirian dari komunitas untuk menyelesaikan tantangan
yang dihadapi melalui kekuatan dan potensi yang ada dalam diri.
4. Change
Perubahan yang ingin saya
lakukan adalah mengaplikasikan apa yang telah saya pelajari pada modul 3.2.
Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya,sehingga merubah pola pikir yang semula
berpikir berbasis masalah menjadi berpikir berbasis aset, serta mengajak
komunitas praktisi serta rekan sejawat terutama di lembaga sekolah saya untuk
menerapkan berpikir berbasis aset karena pendekatan berbasis aset ini merupakan
sebuah cara untuk menemukan dan menggali hal-hal yang positif. Dengan
menggunakan kekuatan sebagai kekuatan berpikir. Sehingga secara bersama-sama
bahu membahu membangun sekolah tercinta dengan potensi yang dimilikinya, fokus
pada pembangunan sumber daya yang ada di sekolah dalam rangka mewujudkan
merdeka belajar.
Demikian Jurnal Refleksi Mingguan
Modul 3.2 , semoga bermanfaat.
Salam Guru Penggerak,
Tergerak, Bergerak, Menggerakan
Guru Bergerak Indonesia Maju
Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Kep. Anambas Tahun 2022 SDN 003 Bukit Padi
by. Edwin Kurniadi, S.Pd., Gr.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar