Senin, 28 November 2022

2.3.a.3. mulai dari diri - modul 2.3



pertanyaan-pertanyaan reflektif sesi mulai dari diri:

1.      Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

2.      Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

3.      Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

4.      Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

5.      Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini :

1.      Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

2.      Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?


Jawaban

1.       Selama menjadi guru tentu nya saya pernah diobservasi atau di supervisi oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah. Ada 2 hal yang di supervisi yaitu administrasi pembelajaran dan proses pembelajaran.Perasaan saya selama proses supervisi berlangsung yaitu grogi, cemas dan khawatir karena merasa belum bekerja secara maksimal baik dalam menyusun administrasi dan pembelajaran. Saya berfikir bahwa masih mempunyai banyak kekurangan sehingga takut mengecewakan ketika pelaksanaan supervisi.

2.       Pengalaman saat observasi.

Pengalaman pertama saat observasi saya merasa gugup. Perasaan tersebut hadir dalam pikiran saya karena belum maksimal dalam menjalankan tugas sebagai guru baik ketika menyusun administrasi pembelajaran maupun dalam proses pembelajaran.

Pengalaman pasca observasi.

Saya mendapat banyak masukan yang positif dari kepala sekolah maupun pengawas sekolah masukkan tersebut saya jadikan sebagai bahan evaluasi untuk diri saya sebagai guru mapel pjok khusus nya.

3.      Hendaknya seorang supervisi menjadi teladan sehingga dapat menjadi relasi bagi pendidikan. Supervisi hendaknya menyampaikan dengan jujur keadaan yang sebenarnya yang ditemukan dalam proses supervisi kepala pendidik. Sebagai seorang pendidik yang di supervisi hendaknya menerima dengan senang hati masuk dan tanggapan yang diberikan. Sebagai bahan perbaikan di masa datang.

4.       Jika saat ini saya menjadi kepala sekolah yang perlu saya lakukan supervisi, posisi ideal sesuai gambaran tersebut yaitu saat ini apabila saya melakukan supervisi mungkin sudah bisa sesuai dengan kemampuan yay bisa saya lakukan. Akan tetapi untuk mengukur potensi yang saya miliki, saya tidak dapat menentukan beberapa skala kualitas yang ada pada diri. Hal ini karena masih membutuhkan proses belajar tentang supervisi dan membutuhkan banyak pengalaman untuk mencapai ideal tersebut.

 

5.       Pemahaman.

Saya harus memahami materi materi yang berhubungan dengan supervisi.

 Referensi.

Saya membutuhkan contoh atau teladan yang bisa dijadikan panutan sebagai seorang supervisi.

 Pengalaman.

Pengalaman yang diperoleh melalui praktik supervisi di lapangan dapat dijadikan sebagai bahan refleksi untuk memperbaiki proses supervisi di masa mendatang

 

1.       Setelah mempelajari modul. 2.3 Tentang coaching supervisi akademik, saya berharap mampu memahami seluruh materi yang ada dalam modul ini sehingga dapat saya terapkan dalam praktik baik di lingkungan sekolah.

 

2.       Kegiatan yang saya harapkan ada dalam modul ini yaitu. Adanya kolaborasi dalam praktik baik tentang coaching supervisi akademik bersama fasilitator, pengajar praktik, instruktur dan bersama rekan rekan CGP lain nya.

Materi yang saya harapkan yaitu materi yang sesuai dengan kompetensi dan tujuan pembelajaran modul ini.

Manfaat yaitu saya mampu menguasai seluruh materi yang ada dalam modul ini. Sehingga saya dapat menerapkan dengan baik di instansi tempat saya bekerja.

 

Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Kep. Anambas Tahun 2022. SDN 003 Bukit Padi 

      by. Edwin Kurniadi, S.Pd., Gr. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar