Ø Selama menjadi pendidik, Anda tentu pernah
mengalami sebuah peristiwa yang dirasakan sebagai sebuah kesulitan,
kekecewaaan, kemunduran, atau kemalangan, yang akhirnya membantu Anda bertumbuh
menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.
a.
Apa kejadiannya, kapan, di
mana, siapa yang terlibat, apa yang membuat Anda memilih merefleksikan
peristiwa tersebut, dan bagaimana kejadiannya?
1.
Kejadian tersebut terjadi saat semester 1 tahun pelajaran 2021. Saat itu
pembelajaran tatap muka terbatas telah mulai berjalan. Ada banyak harapan bisa
memberikan pembelajaran yang efektif buat murid di sekolah. Tapi kenyataannya
melihat kondisi murid menjalani proses belajar di kelas ada perasaan sedih,
kecewa dan khawatir. Bagaimana tidak setelah pembelajaran tatap muka di sekolah
mulai berlangsung setelah lebih kurang 2tahun di daring justru murid belajar
menjadi tidak fokus dan susah mengikuti pembelajaran yang efektif.
- Bagaimana Anda menghadapi
krisis tersebut (coping)? Bagaimana Anda dapat bangkit
kembali (recovery) dan bertumbuh (growth) dari krisis
tersebut?
2.
Meskipun saya merasa khawatir dan merasa sulit dengan kondisi murid yang
saya ampu khusus nya di mapel pjok. Tetapi hal tersebut tidak membuat saya
marah atau pun putus asa dengan keadaan mereka. Saya tetap berusaha mencari
solusi atas masalah ini dan saya juga mengajak rekan sejawat yang lain
berkolaborasi dan berdiskusi mencari jalan dalam mengatasi masalah yang terjadi
tersebut. Melakukan pembelajaran dengan berbagai metode dan strategi untuk
membuat pembelajaran menarik.
- Gambarkan diri Anda
setelah melewati krisis tersebut.
- Apa hal terpenting
yang telah Anda pelajari dari krisis tersebut?
- Bagaimana dampak
pengelolaan krisis tersebut terhadap diri Anda dalam menjalankan peran
sebagai pendidik?
3. Hal terpenting yang saya pelajari dari kondisi tersebut adalah bahwa
atas kejadian tersebut saya mulai belajar banyak hal dan bahwa seseorang guru
harus memiliki kemampuan dan teknik mengajar dengan baik. Dan juga memiliki
kemampuan untuk memahami dan menghadapi murid berarti macam karakter.
Dampak pengelolaan krisis tersebut terhadap diri saya dalam menjalankan
peran penting sebagai pendidik adalah saya menjadi pribadi Yang ingin selalu
memperbaiki diri dan harus belajar lebih banyak lagi
d. Sebagai pendidik, Anda tentu pernah bertemu murid yang memiliki
pemahaman diri, ketangguhan, atau kemampuan membangun hubungan yang positif
dengan orang lain. Setujukah Anda bahwa faktor-faktor tersebut membantu ia
menjalani proses pembelajaran dengan lebih optimal di sekolah? Jelaskan jawaban
Anda dengan bukti atau contoh yang mendukung.
4. Ya. Setuju . Saya juga mempunyai murid yang
memiliki pemahaman diri, ketangguhan atau kemampuan membangun hubungan yang
positif dengan orang lain dan faktor faktor tersebut sangat mempengaruhi proses
belajar karena terlihat jelas dalam menjalankan proses belajar di kelas.
e. Dari kedua refleksi di atas, apa yang dapat
Bapak/Ibu simpulkan tentang hubungan antara kompetensi sosial dan emosional
dengan keberhasilan dalam pengelolaan krisis Anda dan pembelajaran murid Anda?
5. Yang
dapat saya simpulkan tentang hubungan antara kompetisi sosial dan emosional
dengan keberhasilan dalam pengelolaan krisis dan pembelajaran murid tidak
tergantung pada kemampuan kognitif saja tetapi ada aspek lain yang mempengaruhi
yaitu aspek perkembangan sosial dan emosional. Aspek sosial emosional sangat
berpengaruh terhadap perilaku murid kepada dirinya, orang lain dan lingkungan.
f. Setelah menjawab
pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, apa yang Anda harapkan untuk pembelajaran
selanjutnya ?
Silahkan kemukakan Harapan bagi diri sendiri ?
6. Saya
berharap pembelajaran sosial emosional ini menjadi langkah awal dan modal dasar
yang akan menambah ilmu pengetahuan tentang pemahaman karakter murid dan
kedepannya bisa meningkatkan pula kemampuan untuk mengelola kompetisi sosial
emosional dalam diri dengan lebih baik lagi.
g. Setelah menjawab
pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, apa yang Anda harapkan untuk pembelajaran
selanjutnya ?
Silahkan kemukakan Harapan bagi murid-murid Anda ?
7. Murid
adalah generasi penerus perjuangan bangsa.
Mereka
lah kelak bangsa dan negara ini yang maju yang bisa membangun dan berkompetisi
baik di sekitar lingkungan di sekolah ataupun pun di daerah nya masing-masing.
Penanaman karakter baik termasuk pengelolaan sosial emosional.
Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Kep. Anambas Tahun 2022.
SDN 003 Bukit Padi
by. Edwin Kurniadi, S.Pd., Gr.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar