Selasa, 15 November 2022

2.2.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.2


Ø     Selama menjadi pendidik, Anda tentu pernah mengalami sebuah peristiwa yang dirasakan sebagai sebuah kesulitan, kekecewaaan, kemunduran, atau kemalangan, yang akhirnya membantu Anda bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

 

a.       Apa kejadiannya, kapan, di mana, siapa yang terlibat, apa yang membuat Anda memilih merefleksikan peristiwa tersebut, dan bagaimana kejadiannya?

1.      Kejadian tersebut terjadi saat semester 1 tahun pelajaran 2021. Saat itu pembelajaran tatap muka terbatas telah mulai berjalan. Ada banyak harapan bisa memberikan pembelajaran yang efektif buat murid di sekolah. Tapi kenyataannya melihat kondisi murid menjalani proses belajar di kelas ada perasaan sedih, kecewa dan khawatir. Bagaimana tidak setelah pembelajaran tatap muka di sekolah mulai berlangsung setelah lebih kurang 2tahun di daring justru murid belajar menjadi tidak fokus dan susah mengikuti pembelajaran yang efektif.

 

  1. Bagaimana Anda menghadapi krisis tersebut (coping)? Bagaimana  Anda dapat bangkit kembali (recovery) dan bertumbuh (growth) dari krisis  tersebut?

2.      Meskipun saya merasa khawatir dan merasa sulit dengan kondisi murid yang saya ampu khusus nya di mapel pjok. Tetapi hal tersebut tidak membuat saya marah atau pun putus asa dengan keadaan mereka. Saya tetap berusaha mencari solusi atas masalah ini dan saya juga mengajak rekan sejawat yang lain berkolaborasi dan berdiskusi mencari jalan dalam mengatasi masalah yang terjadi tersebut. Melakukan pembelajaran dengan berbagai metode dan strategi untuk membuat pembelajaran menarik.

 

  1. Gambarkan diri Anda setelah melewati krisis tersebut.

    • Apa hal terpenting yang telah Anda pelajari dari krisis tersebut?
    • Bagaimana dampak pengelolaan krisis tersebut terhadap diri Anda dalam menjalankan peran sebagai pendidik?

3. Hal terpenting yang saya pelajari dari kondisi tersebut adalah bahwa atas kejadian tersebut saya mulai belajar banyak hal dan bahwa seseorang guru harus memiliki kemampuan dan teknik mengajar dengan baik. Dan juga memiliki kemampuan untuk memahami dan menghadapi murid berarti macam karakter.

Dampak pengelolaan krisis tersebut terhadap diri saya dalam menjalankan peran penting sebagai pendidik adalah saya menjadi pribadi Yang ingin selalu memperbaiki diri dan harus belajar lebih banyak lagi

 

d.      Sebagai pendidik, Anda tentu pernah bertemu murid yang memiliki pemahaman diri, ketangguhan, atau kemampuan membangun hubungan yang positif dengan orang lain. Setujukah Anda bahwa faktor-faktor tersebut membantu ia menjalani proses pembelajaran dengan lebih optimal di sekolah? Jelaskan jawaban Anda dengan bukti atau contoh yang mendukung.

 

4. Ya. Setuju . Saya juga mempunyai murid yang memiliki pemahaman diri, ketangguhan atau kemampuan membangun hubungan yang positif dengan orang lain dan faktor faktor tersebut sangat mempengaruhi proses belajar karena terlihat jelas dalam menjalankan proses belajar di kelas.

 

e.       Dari kedua refleksi di atas, apa yang dapat Bapak/Ibu simpulkan tentang hubungan antara kompetensi sosial dan emosional dengan keberhasilan dalam pengelolaan krisis Anda dan pembelajaran murid Anda?

5. Yang dapat saya simpulkan tentang hubungan antara kompetisi sosial dan emosional dengan keberhasilan dalam pengelolaan krisis dan pembelajaran murid tidak tergantung pada kemampuan kognitif saja tetapi ada aspek lain yang mempengaruhi yaitu aspek perkembangan sosial dan emosional. Aspek sosial emosional sangat berpengaruh terhadap perilaku murid kepada dirinya, orang lain dan lingkungan.

f. Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, apa yang Anda harapkan untuk pembelajaran selanjutnya ?

Silahkan kemukakan  Harapan bagi diri sendiri ?

6. Saya berharap pembelajaran sosial emosional ini menjadi langkah awal dan modal dasar yang akan menambah ilmu pengetahuan tentang pemahaman karakter murid dan kedepannya bisa meningkatkan pula kemampuan untuk mengelola kompetisi sosial emosional dalam diri dengan lebih baik lagi.

g. Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, apa yang Anda harapkan untuk pembelajaran selanjutnya ?

Silahkan kemukakan  Harapan bagi murid-murid Anda ?

7. Murid adalah generasi penerus perjuangan bangsa.

Mereka lah kelak bangsa dan negara ini yang maju yang bisa membangun dan berkompetisi baik di sekitar lingkungan di sekolah ataupun pun di daerah nya masing-masing. Penanaman karakter baik termasuk pengelolaan sosial emosional.



Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Kep. Anambas Tahun 2022.
SDN 003 Bukit Padi 

by. Edwin Kurniadi, S.Pd., Gr. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar