untuk sekarang ini saya Membayangkan
ketika aksi nyata kita mencoba sesuatu yang di luar dari kebiasaan kemudian
memberikan pembelajaran dengan memperhatikan kebutuhan belajar siswa yang
beragam secara individu dalam kelas dan waktu yang sama. Membagikan mereka
secara berkelompok kemudian memberikan kebebasan pada mereka mengerjakan tugas
sesuai minat dan kesiapan belajar, kelas berorientasi pada siswa, seluruh siswa
aktif dalam pembelajaran bisa saja kelas pada awalnya akan tidak terkondisikan
atau kelas akan berjalan dengan efektif dan menyenangkan.
Pemberian pembelajaran secara
berdiferensiasi merupakan tantangan yang tidak mudah. Kita
membutuhkan perhatian lebih untuk bisa mengamati keunikan setiap
siswa dan mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajarannya seperti
memetakan mereka terlebih dahulu sebagai individu yang beragam yang
berada di dalam kelas yang sama dalam satu waktu. Siswa memiliki
kesempatan belajar yang terbaik bagi dirinya sehingga tujuan pembelajaran
tercapai adalah kebahagian tersendiri bagi seorang guru.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha
penyesuaian proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar
individu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar