Senin, 03 April 2023

jurnal refleksi dwi mingguan Pendampingan individu ke 6

dokumentasi Pendampingan Individu ke 6 (terakhir)
bersama Korwil jemaja(Azwarwan,S.PdGuru Penggerak(Edwin Kurniadi,S.Pd.) Kepala sekolah(Daisimi,S.Pd.,SD.) Pengajar Praktik(Muhariyadi,S.Pd

Awal kesuksesan para guru juga tidak lepas atas dukungan,support yang penting dari kepala sekolah buk DAISIMI, S.Pd, SD. SDN 003 Bukit Padi Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas,yang telah memberikan pembinaan dan arahan setiap waktu proses program pendidikan guru penggerak angkatan 6 tahun 2022 berjalan dengan lancar dan juga dukungan seluruh para guru-guru teman sejawat keluarga besar SDN 003 Bukit Padi yang luar biasa selalu membantu kolaborasi yang baik. Terima kasih untuk semuanya.

FACTS (Peristiwa)

Pendampingan individu ke 6 terakhir dilaksankan pada tanggal 27 maret  2023 yang dilaksanakan di SDN 003 Bukit Padi Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan ini mengimplementasikan modul 3.2 mengenai Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.

Refleksi Terbimbing - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya", pada saat ini pengajar praktik bapak MUHARIYADI datang kesekolah saya untuk melakukan Pendampingan individu yang terakhir dan melakukan wawancara kepada saya menanya tentang materi Didalam modul 3.2 ini saya menemukan sebuah solusi untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi disekolah maupun untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat suatu rencana dengan cara melakukan pendekatan komunitas berbasis aset atau kekuatan dan untuk mengelola sumber daya utama yang ada disekolah, guru dapat melakukan pemetaan aset.

berikut adalah tujuh aset utama yang ada disekolah :

1.     1. Modal Manusia

2.     2. Modal sosial

3.     3.  Modal Fisik

4.     4.  Modal lingkungan atau alam

5.     5.  Modal finansial

6.     6. Modal politik

7.     7. Modal agama dan budaya


 FEELINGS (Perasaan)

Perasaan saya selama mengikuti Pendampingan individu ke 6 saya merasa sudah lega,senang sebab pendampingan individu ke 6 yang terakhir ini jadi tuntas sudah PI ke 6 tapi disini pengajar praktik membantu saya untuk  Mengulangi kembali materi yang sudah di pelajari tempo dulu di modul 3.2 dan tentunya tidak lepas dukungan penuh dan support dari kepala sekolah. maka program pendapingan individu ini berjalan dengan lancar dan sukses dan juga kerjasama kolaborasi antara teman sejawat yang selalu sedia membantu kegiatan ini Pendidikan Guru Penggerak angkatan 6 tahun 2022.

FINDINGS (Pembelajaran)

Pelajaran yang saya dapatkan dari proses mengikuti Pendampingan individu ke 6 terakhir ini  di Modul 3.2 dan di saat PI 6 yaitu, kegiatan melakukan pendekatan komunitas berbasis aset atau kekuatan dan untuk mengelola sumber daya utama yang ada disekolah, guru dapat melakukan pemetaan aset. Hal baru yang saya ketahui tentang diri saya, saya mampu melakukan perubahan, saya perlu mendapatkan dorongan ataupun paksaan agar tumbuh ide-ide dan gagasan baru.

 FUTURE (Penerapan)

Saya akan menerapkan ilmu yang saya dapat dan bisa berbagi di sekolah dan rekan sejawat. Terkhusus bagi murid- murid dan saling berkolaborasi melakukan perubahan menjadi lebih baik lagi untuk lingkungan sekolah saya dan saya akan terus belajar dan memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnyadan juga terus berusaha Menyampaikan manfaat dari pelaksanaan kebiasaan baik, mengajak siswa melaksanakan kegiatan secara konsisten dan berkelanjutan.

Tindakan yang saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini, saya akan mempersiapkan segala sesuatu lebih awal, tetap berusaha melakukan segala sesuatu dengan maksimal, berusaha lebih disiplin dalam penerapannya.!!!

Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Kep. Anambas Tahun 2022 SDN 003 Bukit Padi 

 Hak @cipta

by. Edwin Kurniadi, S.Pd., Gr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar