v
Diferensiasi
konten
Konten adalah apa yang kita ajarkan pada murid-murid kita berdasarkan kesiapan,
minat dan profil belajar murid.
Diferensiasi
proses
Proses seperti apa yang harus disiapkan untuk memenuhi kebutuhan belajar murid,
setelah kita menganalisis kesiapan belajar, minat dan profil belajar murid.
Ø
Diferensiasi
produk
1.
Tagihan apa yang kita harapkan dari murid, produk adalah unjuk kerja murid,
yang ada wujudnya.
2.
Produk penting karena merupakan elemen kurikulum yang paling langsung yang
dimiliki oleh murid.
Diferensiasi
produk meliputi:
Memberikan tantangan atau
variasi
Memberikan murid bagaimana
pembelajaran yang mereka inginkan
kita dapat memandang penilaian dalam 3 perspektif
1. Assessment for learning - Penilaian yang dilakukan selama
berlangsungnya proses pembelajaran dan biasanya digunakan sebagai dasar untuk
melakukan perbaikan proses belajar mengajar
2. Assessment of learning - Penilaian yang dilaksanakan setelah proses
pembelajaran selesai.
3. Assessment as learning - Penilaian sebagai proses belajar dan melibatkan
murid-murid secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Berfungsi sebagai
penilaian sumatif
Diferensiasi produk meliputi:
1. Memberikan tantangan atau variasi
2. Memberikan murid bagaimana pembelajaran yang
mereka inginkan
Ekspetasi pada murid
1. Kualitas pekerjaan
2. Konten yang harus ada dsalam produk
3. Bagaimana harus dikerjakan
Fakta pada Video kedua
Lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran
berdiferensiasi
1. Setiap orang dalam kelas akan menyambut dan
disambut dengan baik
2. Setiap orang di dalam kelas saling menghargai
3. Murid akan merasa aman secara psikis dan fisik.
4. Ada harapan dari pertumbuhan
5. Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan.
6. Ada keadilan dalam bentuk nyata
7. Guru dan siswa berkolaborasi untuk pertumbuhan
dan kesuksesan bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar