Selasa, 05 September 2023

Pembelajaran PJOK SDN 003 Bukit Padi tentang Permainan Gerak Lokomotor

Dokumentasi pjok

Pembelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) SDN 003 Bukit Padi tentang Gerak Lokomotor dengan Permainan Memasukkan Gelang ke Cone

Kelas: SD Kelas 1

Tujuan Pembelajaran:

1. Mengajarkan gerak lokomotor dasar kepada siswa.

2. Meningkatkan koordinasi mata dan tangan siswa.

3. Mengembangkan keterampilan berkolaborasi dan komunikasi dalam tim.

4. Meningkatkan kebugaran fisik dan kesehatan siswa.

Alat dan Bahan:

1. Cones (biasanya sekitar 10-15 cones).

2. Gelang karet atau tali yang dapat dilemparkan.

3. Area lapangan olahraga atau tempat terbuka yang luas.

4. Pita penanda atau tali konseptual untuk menandai area permainan.



Langkah-langkah Pembelajaran:

1. Persiapan Awal:

   - Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan sebelum pelajaran dimulai.

   - Tentukan area permainan dengan menggunakan pita penanda atau tali konseptual untuk mengamati batas area permainan.

   - Letakkan cones di dalam area permainan dengan jarak yang merata di antara mereka.

2. Pengenalan Gerak Lokomotor:

   - Diskusikan dengan siswa tentang gerak lokomotor dasar seperti berjalan, berlari, melompat, dan merangkak.

   - Jelaskan pengertian dan contoh-contoh gerak lokomotor ini.

3. Instruksi Permainan:

   - Bagilah siswa menjadi tim (misalnya, tim A dan tim B).

   - Berikan setiap tim gelang karet atau tali yang dapat dilemparkan.

   - Jelaskan bahwa tujuan permainan adalah memasukkan gelang karet ke dalam cone dengan menggunakan gerak lokomotor yang telah dipelajari.

   - Siswa harus bergerak ke cone, melemparkan gelang karet, dan mencoba memasukkannya ke dalam cone.

   - Tim yang berhasil memasukkan gelang ke dalam cone akan mendapatkan poin.

4. Pelaksanaan Permainan:

   - Biarkan siswa bermain dalam tim masing-masing di area yang telah ditentukan.

   - Selama permainan, berikan bimbingan dan dorongan positif kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan gerak dan kolaborasi mereka.

   - Pantau dan catat poin yang diperoleh oleh setiap tim.

5. Debriefing:

   - Setelah permainan selesai, kumpulkan siswa untuk sesi diskusi.

   - Tanyakan kepada siswa tentang pengalaman bermain dan gerak lokomotor mana yang mereka temukan paling efektif.

   - Diskusikan pentingnya olahraga dan gerak aktif dalam menjaga kesehatan fisik.

6. Variasi:

   - Anda dapat menambahkan kendala atau tantangan tambahan ke dalam permainan, seperti mengatur waktu atau memasukkan elemen kompetisi lainnya.

7. Kesimpulan:

   - Ingatkan siswa bahwa olahraga dan aktivitas fisik adalah bagian penting dari hidup sehat.

   - Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan dengan pelajaran tentang gerak lokomotor lainnya atau mengintegrasikan konsep ini ke dalam pelajaran PJOK lainnya.

Siswa Sedang Istirahat sambil Minum Air Putih Setalah Mengikuti Olaharaga.

Dengan permainan ini, siswa akan belajar gerak lokomotor dasar sambil bersenang-senang dan meningkatkan keterampilan sosial dan fisik mereka.

*Penulis: Edwin Kurniadi*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar